Tips memilih jurusan (IPA,IPS,Bahasa,dll)

Tips memilih jurusan untuk gengss semua yang mau lanjut sekolah.

Terkhusus sekarang kita bahas dulu untuk kawan-kawan gengss dari SMP/MTs sederajat menuju SMA/MA sederajat.

Sudah pada mulai resah ya. Karena mau daftar kesekolah lanjutan. Ayah bunda sudah mulai bertanya nanti kalau masuk SMA mau jurusan apa?!

Okay, kita akan bahas beberapa tips yang mudah-mudahan in syaa Allah bisa meringankan keresahan kalian ya gengss. (Versi Penulis.red)

1. Lihat baik-baik nilai raport kita
    Untuk kita yang biasa agak cuek dengan nilai raport terkadang kita tidak sadar bahwa ada bidang study terrentu yang sebenarnya kita kuasai. Nah, ayuk lacak nilai pada rumpun apa yang nilaimu tinggi. IPA dengan Matematika, Biologi, Fisika,Kimia (untuk tingkat SMP sederajat Bio,fisika dan kimia menjadi IPA terpadu.  IPS dengan PKn, IPS, Geografi, Ekonomi,Sejarah,Sosiologi (untuk tingkat SMP sederajat Geografi, Ekonomi,Sejarah,Sosiologi menjadi IPS terpadu).
  Nilai raport bisa menjadi salah satu acuan kita dalam memilih jurusan.

2. Kenali kemampuan dari keMAUan
    Jika diantara kita ada yang masih bingung karena menurut kalian nilainya berimbang. Maka, mengetahui kemampuan juga bisa. Jujur bertanya pada diri sebenarnya kita mampu pada bidang apa  (jujur ya, tidak pakai ngibul masa sama diri sendiri tdk jujur πŸ˜‹) agar MAU menjalaninya tanpa terpaksa.

    Jika kamu menjalani apa yang kamu mau (suka) maka akan mudah bagi kamu untuk mengikutinya. Jangan paksakan diri karena ikut-ikutan teman atau alasan-alasan lain faktor eksternal (luar). Misalnya tidak mau masuk IPS karena takut dibilang tidak pintar atau masuk IPA saja biar dibilang keren. Sungguh ini bukan zamannya lagi. 
   So,kuncinya adalah Kamu benar-benar harus menjalani apa yang KAMU MAMPU agar mudah prosesnya dan apa yang KAMU MAU agar indah menjalaninya.

Wokeh.. ingat kata kunci kita MAMPU dan MAU.

Sukses selalu ya gengss* 😍
Gengss
Geng(kelompok)ss(SholehSholihah) 

Komentar

  1. Terimakasih pencerahannya cikgu Herda😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama², senior ticer.. banyak belajar darimu 😍

      Hapus
  2. terimakasih sarannya ustadzah herdaπŸ™πŸ™

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kerucut Materi Matematika SMP

Materi Praktis MM Kls 9 BRSL Bola